Akhir pekan minggu ini (14/06/2015) Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggunaan tol paling panjang di tanah air yang dinamakan dengan tol Cipali (Tol Cikopo – Palimanan), jalan tol paling panjang di tanah air itu resmi dibuka oleh perusahaan pemenang konsesi yaitu PT.Lintas Marga Sedaya.
Ini Jalan Tol Paling Panjang di Indonesia, Berapa Tarifnya?
Tol Cipali, tol paling panjang di Indonesia (by.kompas)

Tol Cipali berjarak kurang lebih 116,7 km, untuk operasional pertama ini tol terpanjang Indonesia itu dibuka untuk kendaraan tipe I yaitu kendaraan pribadi berupa mobil sedan, jeep, pick up, truk kecil dan bus ukuran sedang dan kecil, dan untuk 7 hari pertama perusahaan memberikan layanan free bagi para pengendara.

Untuk tarif normal melintasi tol Cipali ini telah ditentukan oleh pemerintah melalui kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat yaitu sebesar Rp. 823 per kilometernya, jadi pengendara yang melintas dari Cikopo ke Palimanan total harus membayar Rp. 96.000 dalam tarif normal untuk kendaraan bertipe I, namun sebagaimana dikatakan oleh menteri PU dan perumahan rakyat Basuki Hadimuljono bahwa Pak Presiden sudah meminta kepada pihak pengelola tol Cipali agar memberkan diskon khusus bagi masyarakat yang akan melintasi tol terpanjang setanah air air ini khususnya bagi para pemudiak yang akan pulang kampung di lebaran ini setidaknya 23-35%, utamanya di H-10 hingga H+5 pasca Idul Fitri.

Dengan diresmikannya penggunaan tol Cipali ini, maka jarak tempuh dari daerah Purwakarta ke daerah Cirebon terpotong kurang lebih 56 km, begitu pula waktu tempuhnya berkurang sampai dua jam. Baca Juga : Ini Foto Penderitaan Muslim Rohingya

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkann berkomentar dengan bijak , kami sangat mengharapkan komentar anda , dan saran anda , bagi kami itu adalah sebuah kehormatan tanks

 
Top