Ikan paus terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Ikan paus beberapa dekade ini tidak jarang menjadi objek buruan pihak-pihak tidak bertanggung jawab tertentu utk keperluan komersial, tidak hanya sampai di situ di antara sejumlah perburuan-perburuan itu tidak sedikit bahkan kebanyakan yg dilakukan dengan cara illegal dan membabi-buta. Perihal ini menyebabkan komunitas ikan paus menjadi menurun drastis bahkan di sebagain lautan keberadaannya sudah sangat minim sekali. Di bawah ini 3 ikan paus terbesar di dunia yang pernah ditemukan, selamat membaca! Dan untuk mengetahui ikan paus lebih mendalam bisa dirujuk di Wikipedia.

Ikan Paus Biru 
Ikan Paus Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Nama latinnya Balaenoptera Musculus (Ikan Paus Biru) merupakan kategori mamalia laut raksasa. Panjangnya bisa mencapai angka 30 m(sekitar kurang lebih 98 kaki) & beratnya juga bisa mencapai angka 180 metrik ton (diperkirakan sampai angka 200 ton), dari itu, maka paus ini diknal sbg hewan laut paling besar yg pernah ada di lautan dan juga adalah ikan paus terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Adapun lidah ikan Paus Biru, beratnya bisa menembus angka lebih kurang 2,7 metrik ton, kalau dikira-kira seperti ukuran gajah Asia. Untuk hati Paus Biru ini, beratnya kira kira 600 kilo gram & merupakan yg paling besar di bandingkan dengan hati binatang apapun di muka bumi dan di dalam laut saat ini. Makanannya ialah semacam hewan udang yg dinamakan dengan Krill. 

Sampai memasuki abad ke-20, eksistensi dan keberadaan ikan Paus Biru ini amat gampang ditemui di nyaris semua samudra di dunia. Tapi lebih dri 40 thn silam, paus-paus biru itu mulai diburu hingga kini mereka menjelang masa kepunahan. Satu buah laporan yang dirilis th 2002 silam memperkirakan hanya ada sekitar 5.000 hingga 12.000 ikan Paus Biru di semua belahan dunia yg lokasinya terbagi dlam sedikitnya lima group. Warna paus jenis ini yang membiru memang hampir terlihat menyatu dengan hamparan samudra yang biru merona itu.

Ikan Paus Bowhead 
Ikan Paus Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Ikan paus bernama Bowhead ini sebenarnya ialah paus paling besar ke-2 sesudah ikan paus Biru. Jenis ikan paus ini memiliki bagian tulang insang yg mencapai angka 350-an pasang lebih dgn bulunya yang berwarna perak keemasan yang tergantung dri rahangnya. Ekosistem dan tempat hidup serta habitat paus jenis ini cuma dapat ditemukan hanya di wilayah Kutub bagian utara & lautan Arktik, lantaran adaptasi badan paus tipe ini mempunyai perlindungan kulit dri lemak yg tebal sampai mencapai 30 senti meter tebalnya di bagian/sektor bawah kulitnya. 

Paus Bowhead memiliki kepala yg gede hingga 1/3 dari keseluruhan besar dan panjang badannya. Paus Bowhead ini mempunyai mulut dgn panjang kurang lebih 4,9 meter, tingginya mencapai angka 3,7 meter & lebarnya 2,4 meter dgn berat lidahnya saja nyaris mencapai angka 1 ton. Wujud kepalanya mirip segitiga & memiliki tonjolan yg dinamakan dengan stack di bagian hidungnya yg berfungsi juga sebagai alat adaptasi utk menghancurkan gumpalan es saat mau bernapas ke bagian permukaan. Bagian badan yang disebut Stack ini mampu menghancurkan bongkahan es setebal antara 30-60 centimeter. 

Adapun warna kulitnya hitam kebiru-biruan dan putih pada rahang bagian bawah. Bakal bertambah tidak sedikit warna putihnya linier dengan pertambahan usianya, semakain tua umur maka warna putih tadi semakin banyak terlihat. Untuk lebar ekornya mencapai kurang lebih 7,6 meter & dengan panjang sirip mencapai 1,8 meter. Speciesikan paus Bowhead ini diperkirakan masihlah hidup kurang lebih 25000 ekor saja di bumi. Berbagai perburuan dilakasanakan oleh orang-orang utk mengambil minyak & tulang insangnya. Satu ekor Bowhead umur dewasa saja mampu membuahkan lebih dari 100 barel minyak dan 750 kilo gram tulang insang, lumayan menggiurkan memang, dengan harga yang begitu melangit minyak ikan paus ini memiliki jumlah permintaan yang banyak begitu pula dengan tulang insangnya. 

Ikan Paus Sikat 
Ikan Paus Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Paus bernama Paus Sikat ini panjangnya dapat mencapai angka lumayan fantastis yaitu 18 meter dgn berat bisa mencapai antara 60-80 ton. Jenis paling besar dri ikan paus type ini sempat didapati mencapai angka 18,3 meter & berat 106-an ton. Adapun makanannya, maka sama dengan jenis paus lainnya yakni udang krill & copepods. Wujud fisik dari ikan paus jenis ini nyaris menyerupai jenis ikan paus sebelumnya yang kami sebutkan yaitu Bowhead. Warna kulitnya lebih didominasi oleh warna hitam kecuali di bagian perutnya terdapat warna putih. Badannya tidak sedikit ditempeli oleh hewan cyamids yakni sejenis hewan kutu yang biasa tinggal menjadi parasit pada ikan-ikan Paus. Jenis paus ini tak mempunyai apa yang disebut dengan dorsal atau sirip pada punggung layaknya jenis paus yang lain.

Yg paling unik dri paus type ini yakni testis pejantannya sebab testisjantan paus ini dijamin paling gede dan paling besar diantara semua makhluk,yakni beratnya masing-masing bisa mencapai angka 500 kilo gram (0,5 ton). Keseluruhan populasinya disaat sekarang ini diperkirakan kurang lebih hanya tersisa 7.000 ekor aja. Tidak hanya karna sengaja diburu manusia, kematian ikan paus ini tidak sedikit disebabkan juga lantaran secara tidak disengaja terkena oleh baling-baling berbagai kapal laut besar seperti yang terjadi di pelabuhan-pelabuhan Amerika. Dan ikan Paus type ini ialah yg paling langka diantara tipe paus gede yang lain.

Demikian artikel kami tentang 3 ikan paus terbesar di dunia yang pernah ditemukan, semoga ada manfaatnya bagi anda semua.

1 komentar:

Silahkann berkomentar dengan bijak , kami sangat mengharapkan komentar anda , dan saran anda , bagi kami itu adalah sebuah kehormatan tanks

 
Top